Selamatkan Palestina

18 Jul 2010

generasipeneruspalestina2JAKARTA, KAMIS - Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah konferensi kemanusiaan internasional mengenai bantuan bagi korban penjajahan, dalam hal ini negara Palestina. Sekitar 300 lembaga swadaya masyarakat (LSM) kemanusiaan dan hak asasi manusia dari dalam dan luar negeri akan bertemu untuk mendiskusikan berbagai bentuk kemanusiaan bagi warga Palestina.

Ketua pengarah konferensi, Suripto yang juga wakil Ketua Komisi III DPR menyatakan partisipasi Indonesia dalam konferensi yang akan berlangsung pada Jumat, 31 Oktober hingga 2 November 2008 di Jakarta Convention Center (JCC) ini untuk bergabung dengan masyarakat internasional untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada bangsa Palestina.

“Partisipasi Indonesia tak lain untuk ikut berpartisipasi mewujudkan perdamaian dunia. Dulu, Indonesia pada masa penjajahan juga mendapat dukungan dari negara lain,” kata Suripto kepada para wartawan di DPR, Kamis (30/10).

Suripto juga menjabat sebagai Ketua Komita Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP). KNRP merupakan organisasi nasional yang didedikasikan untuk membantu rakyat Palestina. Sejumlah tokoh nasional seperti Permadi, Abdillah Toha, Khofifah Indarparawansa, Tutty Alawiyah juga menjadi anggota KNRP.

Politisi PKS ini kembali menjelaskan, hasil dari konferensi ini nantinya akan ada sebuah lembaga yang menaungi NGO internasional untuk membantu rakyat Palestina. Pembentukan NGO ini nantinya akan termaktub dalam deklarasi Jakarta yang akan disampaikan diakhir acara yang akan dihadiri oleh utusan NGO kemanusiaan dari 26 negara.

Sedianya, politikus PDI Perjuangan Sabam Sirait juga akan menjadi pembicara utama. Dalam penjelasannya kepada para wartawan Sabam menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia, baik yang beragama Islam mapun umat Kristiani, Budha maupun Hindu untuk bahu membahu membantu rakyat Palestina dari penjajahan Israel yang masih terjadi hingga sekarang ini.

“Palestina harus dibantu. Dan Israel memang harus hengkang dari Palestina. Saya menyerukan kepada umat beragama di seluruh Indonesia, apapun agamanya untuk membantu rakyat Palestina yang sedang mengalami kesusahan, dijajah oleh Israel,” kata Sabam Sirait.

Tokoh Palestina Syeikh Dr Ikirmah Sabri yang ikut hadir dalam penjelasannya di DPR, berharap kepada bangsa Indonesia secara tulus, bahu membahu membantu rakyat Palestina yang sedang kesusahan. “Ini bukan masalah agama antar Islam atau Kristiani atau manapun. Disana, kedua umat saling menghormati. Israel selalu gagal memecah belah kerukunan umat di Palestina,” ujar Syaikh Sabri.

kompas.com


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post